Berita Teknologi dan Pendidikan Paling Lengkap dan Terpercaya

Saturday, November 11, 2017

Silabus Pramuka Penegak SMA Kurikulum 2013

Silabus Pramuka Penegak SMA Kurikulum 2013 - Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan golongan pramuka penegak ini merupakan penggolongan pramuka berdasarkan usia didik setelah pramuka siaga (usia 7 – 10 tahun) dan pramuka penggalang (usia 11 –15 tahun).

Penggunaan istilah ‘penegak’, sebagaimana istilah lainnya dalam kepramukaan, diambilkan dari romentisme sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kata ‘penegak’ (kata dasar ‘tegak’) merujuk pada tahap keberhasilan bangsa Indonesia dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tahap tegaknya (berdirinya) negara Indonesia ditandai dengan proklamasi kemerdekaan yang dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tahap ini didahului oleh tahap-tahap sebelumnya seperti penyiagaan bangsa dan penggalangan persatuan dan kesatuan yang mana kedua tahapan itu kemudian dijadikan nama golongan anggota Gerakan Pramuka siaga dan penggalang.

Seseorang dapat menjadi pramuka penegak setelah menginjak usia 16 tahun. Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak seorang calon pramuka penegak melewati masa yang dinamakan ‘tamu ambalan’ selama sedikitnya satu bulan. Selama menjadi tamu ambalan, calon penegak dapat mengikuti acara-acara tertentu dalam ambalan hingga kemudian dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Berbicara Pramuka Penegak, Pada postingan ini saya akan berbagi perangkat pembelajaran Silabus Pramuka Penegak Jenjang SMA K13 yang bisa Anda unduh secara gratis.

Bagi kakak-kakak pembina yang membutuhkan Silabus Pramuka Penegak Jenjang SMA K13 yang bisa mengunduhnya pada link yang saya sematkan dibawah ini;

Silabus Pramuka Penegak SMA K13, Download

Demikian Silabus Pramuka Penegak SMA Kurikulum 2013 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Silabus Pramuka Penegak SMA Kurikulum 2013