Model Penilaian Siswa Kurikulum 2013 untuk SMA, MA, SMK - Model Penilaian Siswa format PDF untuk Sekolah Menengah Atas SMA MA SMK dan yang sederajat. Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu.
Gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Penilaian Autentik
- Dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
- Meliputi ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
- Menilai kesiapan, proses, dan hasil belajar peserta didik secara utuh.
- Relevan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran.
- Bentuk penilaian autentik antara lain projek dan portofolio.
- Penilaian kompetensi sikap. Meliputi: Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik, Jurnal.
- Penilaian kompetensi penilaian meliputi Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan.
- Penilaian kompetensi keterampilan meliputi Tes praktek, Projek, Penilaian portofolio.
Teknik dan Instrumen Penilaian
- Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri (self assessment), penilaian sejawat (peer assessment), dan jurnal.
- Instrumen observasi, penilaian diri, dan penilaian sejawat berupa daftar cek (check list) atau skala penilaian (rating scale) disertai rubrik. Jurnal berupa catatan guru.
- Rubrik adalah daftar kriteria yang menunjukkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu.
- Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
- Instrumen tes berupa seperangkat butir soal. Soal tes tulis yang sering digunakan di SMA adalah bentuk pilihan ganda dan uraian.
- Untuk tes lisan perlu disiapkan daftar pertanyaan yang disampaikan secara langsung dalam bentuk tanya jawab.
- Instrumen penugasan berupa tugas yang dapat dikerjakan secara individual atau kelompok.
- Instrumen penilaian harus memenuhi kaidah substansi (materi), konstruksi, dan bahasa.
- Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui pengamatan kinerja yang meminta peserta didik mendemonstrasikan kompetensi tertentu, melalui praktik, projek, atau portofolio.
- Instrumen penilaian keterampilan berupa daftar cek (check list) atau skala penilaian (rating scale) disertai rubrik.
- Projek adalah tugas yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu.
- Portofolio merupakan kumpulan karya seseorang dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif integratif.